Sehat Mental dengan Olahraga


Olahraga tidak hanya bagus untuk kesehatan tubuh kita saja lo. Kesehatan mental juga terjamin baik apabila kita mau menggerakkan badan secara berkala.

 

Tidak perlu sampai berjam-jam, cukup dengan meluangkan waktu 30 menit lamanya. Semakin rutin kita berolahraga maka akan semakin banyak pula manfaat yang bisa diambil, seperti yang dikemukakan oleh Daniel M. Landers, profesor ilmu kesehatan fisik dan olah raga dari Univeritas Arizona.

1. Olahraga dapat meningkatkan kekuatan otak


Tubuh setelah berolahraga akan memompa lebih banyak darah sehingga kadar oksigen dalam peredaran darah juga meningkat yang ujungnya mempercepat pemasukkan darah ke otak. Nah, kalau otak cukup mendapat asupan darah maka daya reaksi, konsentrasi, kreativitas dan kesehatan mental kita akan meningkat.

2. Olah raga dapat menambah ketajaman pikiran


Penelitian baru-baru ini membuktikan bahwa dengan hanya berolahraga ringan seperti berjalan kaki saja dapat membantu tubuh mencegah penurunan daya kerja otak pada wanita lanjut usia. Semakin lama dan seringnya kegiatan berjalan kaki ini dilakukan maka ketajaman pikiran juga akan semakin membaik. Kegiatannya tidak perlu terlalu tinggi intensitasnya, cukup dengan berkeliling saja, yang penting daya pacu jantung kita dapat meningkat

3. Olah raga dapat menghilangkan stress


Kalau jantung kita bekerja pada saat berolah raga, maka otomatis konsentrasi pikiran tidak akan terfokus pada urusan pekerjaan lagi. Selain dapat mengalihkan pikiran, aerobik yang rutin juga dapat meningkatkan ketahanan kardiovaskular, sehingga nantinya kita dapat bersikap tidak terlalu berlebihan dalam menyikapi suatu masalah. Aktifitas yang terbukti efektif dalam melawan ketegangan otak adalah aerobik macam berjalan kaki, bersepeda, renang, jogging dan yoga.

4. Olah raga dapat meningkat perasaan bahagia secara alami


Olah raga terbukti manjur dalam meningkatkan hormon penumbuh rasa bahagia dalam otak kita, seperti adrenalin, serotonin, dopamin dan endorphin, yang merupakan pembunuh nomor satu penyakit hati. Berolah raga selama 16 minggu secara rutin pada orang yang memiliki kadar depresi yang sedang mendapatkan efek bahagia sama besar dengan kadar yang dihasilkan oleh obat penenang

5. Olah raga dapat meningkatkan kepercayaan diri


Sebuah studi kasus di AS membuktikan kalau para remaja yang aktif berolahraga memiliki kadar kepercayaan diri yang sama kuat dengan teman-teman mereka yang memiliki tubuh dan penampilan indah. Kemantapan diri ini terletak pada hasil yang mereka dapatkan, yakni tubuh yang sehat dan kekuatan fisik yang prima.

~ oleh Hendi pada November 3, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: